Monday 9 November 2015

TIPS TOEFL

Posted by priesty.pretty at 08:13



Cara ini dilakukan oleh Asih, seorang mahasiswa yang bahasa Inggrisnya parah banget tapi sukses mendapat nilai TOEFL di atas 550. Nggak pakai kursus, cuma belajar sendiri.

SHARE artikel ini kalau kamu juga YAKIN bisa menguasai bahasa Inggris dan meraih skor TOEFL memuaskan

PROGRAM: Rajin-rajin nonton film berbahasa Inggris
Asyik kan? Selama 3 bulan, agendakan untuk menonton film berbahasa Inggris SETIAP HARI. Tidak perlu lama-lama, cukup 30 sampai 45 menit. Pilih jenis film YANG KAMU SUKAI, yang kamu tertarik untuk mengetahui jalan ceritanya. Dalam 1,5 bulan pertama, pastikan untuk menonton film dengan teks (subtitle) bahasa Inggris. Sambil melihat gambar yang ada di film, pastikan juga kamu mendengarkan suara-suara yang diucapkan sambil melirik teks di bagian bawah. Saat menyaksikan film, konsentrasi. Lihat apa yang terjadi. Jika ada kata-kata yang tidak kamu ketahui, catatalah. Carilah arti kata-kata yang tidak kamu ketahui SETELAH SELESAI MENONTON FILM. Setelah tahu artinya, cobalah untuk mengingat-ingat di bagian mana kata-kata tersebut muncul. Jika ada waktu, putar kembali film tersebut dan lihatlah apa yang terjadi ketika kata-kata tersebut diucapkan. Dengan ini, kamu bisa mengetahui secara pasti arti kata yang diucapkan, karena langsung berhubungan dengan adegan di film. Kamu bisa mengira-ira penggunaan kata tersebut, ekspresi saat mengucapkan kata tersebut, dan tentu saja cara pengucapannya yang benar. 

Setelah rutin menonton film berbahasa Inggris dengan bantuan teks, cobalah untuk menghilangkan teks dalam film tersebut. Untuk minggu-minggu pertama menonton film tanpa teks, cobalah untuk menonton film yang sudah pernah kamu saksikan sebelumnya. Dijamin, kamu akan kaget sendiri dengan kemampuan listening-mu yang meningkat drastis. Kamu akan mulai bisa menangkap kata-kata dalam bahasa Inggris yang sebelumnya sama sekali tidak bisa ditangkap. Yang lebih keren lagi, kamu akan tahu arti kata tersebut beserta cara penggunaannya yang paling tepat. Jika kamu merasa sudah makin pede, carilah film yang benar-benar belum pernah kamu tonton sebelumnya. Cobalah untuk menangkap kata-kata yang diucapkan dalam film dan memahami jalan ceritanya. Jika sulit, mulailah dari film-film sederhana, seperti film-film animasi anak berbahasa Inggris. Lakukanlah secara rutin setiap hari. Setelah genap 3 bulan, dijamin kemampuan listening bahasa Inggrismu akan meningkat hingga ratusan kali lipat.

Tips untuk memilih film untuk latihan listening:

1. Bingung di mana mencari film sebanyak itu untuk latihan listening? Cobalah untuk meminjam film-film tersebut ke persewaan, meng-copy dari teman atau dari warnet; atau bisa juga dengan melihat video-video berbahasa Inggris dari Youtube. Di Youtube akan terasa jauh lebih enak, karena ada fitur "Closed Captioning" (dengan lambang CC), di mana kamu bisa langsung menghidupkan atau mematikan teks dalam bahasa Inggris.
2. Untuk awalan, pilihlah film-film yang tidak terlalu rumit. Jika kamu sama sekali belum bisa berbahasa Inggris, jangan malu untuk menonton dan mencermati film-film seperti Dora the Explorer atau Blues Clues. Film-film ini sangat berguna untuk melatih pendengaran bahasa Inggris bagi kamu yang sama sekali belum bisa. Jika kamu merasa sudah ahli, kamu bisa langsung menonton film-film Hollywood atau film serial AMC, HBO, dan lain-lain.
3. Pilihlah film berbahasa Inggris yang diproduksi dan berlatar belakang cerita di Amerika Serikat. Ingat, dalam bahasa Inggris ada beberapa aksen. Untuk menaklukkan TOEFL, kamu harus membiasakan diri dengan aksen Amerika Serikat. Oleh karena itu, hindari film-film yang pemain-pemainnya mengucapkan bahasa Inggris dengan aksen Inggris. Detail antara perbedaan aksen Inggris dan aksen Amerika Serikat bisa kamu temukan dalam DVD TOEFL Killer.

4. Setelah mahir, pilihlah film yang benar-benar kamu merasa tertarik. Jika kamu sudah tertarik dengan jalan ceritanya, kamu akan lebih berusaha untuk memahami jalan cerita.

Ketika kamu sudah bisa menonton film berbahasa Inggris tanpa teks dan bisa memahami jalan ceritanya serta menangkap 70% saja yang diucapkan dalam film, maka mengerjakan soal dalam TOEFL akan terasa sangat mudah. Listening? Structure? Reading Comprehension? Semua bisa kamu libas dengan mudah.

0 comments:

Post a Comment

 

PEACE BE ON TO YOU :) Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting