Sering nggak ngerasa satu hari yang punya 24 jam itu masih belum cukup buatmu, karena aktivitasmu yang seabrek dan menggunung? Merasa belum ngelakuin apa-apa kok udah malam lagi ya? Atau merasa baru aja merem eh, tau tau harus bangun karena sang Mentari sudah menyapa dari balik jendelamu?
Jika itu yang sering kamu rasakan, bisa jadi masalahnya ada pada caramu mengelola waktu dan aktivitasmu Dan di dalam artikel ini, saya mengambil artikel ini dari www.hipwee.com ... Mari simak tips kamu agar dapat mengatur waktu lebih baik lagi.
1. BUAT CATATAN KEGIATANMU TIAP HARINYA
Kamu bisa mulai membuat catatan kegiatan dengan mencatat apa saja yang akan kamu lakukan setiap 15 menit dalam satu hari dan lakukan hal ini selama dua minggu, kemudian evaluasi dan lihat bagaimana caramu menghabiskan semua waktumu.
2. TENTUKAN PRIORITASMU
Setelah kamu mengerti bagaimana caramu menghabiskan waktu dan kegiatan apa yang paling banyak
menyita waktumu, tahap kedua adalah dengan menetapkan prioritas kegiatan. Melakukan prioritas ini
adalah tahap yang paling penting yang wajib dilakukan saat kamu ingin mengelola waktumu dengan baik.
Menurut Covey, Merrill ana Merril (1994) cara yang paling baik dalam menentukan kegiatan prioritas adalah dengan membagi kegiatanmu menjadi penting-mendesak, penting-tidak mendesak, dan tidak penting-tidak mendesak.
Setelah itu, gunakan pembagian kegiatan tersebut sebagai panduan untuk beraktivitas. Fokuskan pada hal-hal yang penting ( baik mendesak atau tak mendesak) karena pada kegiatan yang penting inilah seharusnya kamu mengalokasikan paling banyak waktu yang kamu miliki.
3. GUNAKAN ALAT BANTU
Tidak ada salahnya untuk menggunakan buku notes untuk membantumu mengatur semua jadwalmu, baik asli atau yang berbentuk aplikasi yang bisa kamu download di smartphonemu.
4. RAPIKAN BARANG-BARANGMU
Merapikan barang-barang seperti kertas, buku, baju, hingga pernak pernik yang kamu miliki akan sangat bermanfaat agar kamu tidak kelimpungan saat kamu membutuhkannya. Oleh karena itu untuk membuat waktumu lebih efisien dan tidak harus membuang waktu percuma, mulai rapikan barang-barangmu saat ini juga.
5. MASUKKAN HOBI KE DAFTAR AGENDAMU
Kamu tetap harus memberikan 'me time' disela-sela jadwal kegiatan harianmu itu. Mengatur jadwal dan mengelola waktu tidak melulu berkaitan dengan apa yang HARUS kamu lakukan, tapi juga apa yang INGIN kamu lakukan.
6. BIARKAN ORANG LAIN MEMBANTUMU DENGAN MENGGANTIKAN KEHADIRANMU
Tidak jarang kegiatan kita tidak berjalan sesuai dengan rencana awal, sehingga kamu merasa waktu dan jadwal semua kegiatanmu terasa mencekikmu.
7. HENTIKAN KEBIASAAN MENUNDAMU
Kebiasaan untuk menunda adalah kebiasaan buruk yang harus kamu hilangka mulai kini! Selain itu tidak produktif, kebiasaan ini akan membuat hari-harimu berantakan dan mencegahmu untuk sukses.
8. PERHATIKAN PEMBUANG-BUANG WAKTU YANG ADA DI SEKITARMU
Jauhkan ponsel pintar. Berhenti membuka email, twitter, facebook atau tautan-tautan nyasar ke desktopmu saat kamu sedang melakukan kegiatan penting ini mesti kamu lakukan karena semua hal itu sering tidak kamu sadari menghabiskan waktumu. Selain itu, hal ini penting untuk membuatmu tetep fokus saat harus melakukan kegiatan pentingmu.
9. SEBISA MUNGKIN HINDARI MULTI-TASKING
Jika kamu berpikir multitasking itu menghemat waktumu, kamu salah besar. Faktanya menurut penelitian baru-baru ini , multitasking justru tidak efisien sama sekali dan justru membuatmu kehilangan waktu untuk mengembalikan fokusmu saat kamu harus beralih dari tugas yang lainnya. Jadi fokus dulu pada satu tugas dulu ya guys!
10. JAGA KESEHATANMU
Kesehatan adalah aset kita yang tak terbeli dengan uang seberapa pun banyaknya, gunakan pengelolaan waktu yang baik agar tubuh dan pikiranmu tetap sehat dan produktif. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah memprioritaskan kegiatan pentingmu saat mood kamu sedang bagus-bagusnya dan memberikan jeda di antaranya untuk istirahat dan bersantai agar energimu terisi kembali.
SEMOGA BERMANFAAT :)
Sunday, 17 August 2014
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment