Monday 16 June 2014

MEMANAJEMENI STRESS ( DIAMBIL DARI BUKU MOMPRENEUR DIAN AKBAS)

Posted by priesty.pretty at 11:31
Assalamu'alaikum wr wb teman-teman reader, dengan aktif menulis posting di blog, itulah cara saya bagaimana menciptakan mood membaca. Tanpa sadar banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan apabila kita menulis posting yang bermanfaat di blog atau media seperti blog lainnya.
Keuntungan yang pertama yang diperoleh adalah
  1. Buku-buku nan rapi di rak buku dapat dibaca
  2. Dapat berbagi dengan pembaca di publik
  3. Selain membaca kita juga akan menulis dan otomatis ilmu yang melekat pun akan lebih kuat apabila    dibandingkan dengan hanya membaca.
  4. Memperlambat penyakit bosan dan malas.
Langsung saja ke posting saya selanjutnya

MANAJEMEN STRES

Manajemen stres adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi, orang, dan peristiwa membuat tuntutan yang berlebihan. Gejala stres mencakup manifestasu mental, fisik, dan sosial. Hal ini meliputi menangis, kurang nafsu makan atau sebaliknya, sulit tidur atau sebaliknya, merasa lelah, sakit kepala. Dengan banyaknya pekerjaa, terkadang stres pun menghampiri Anda. Manajemen STRES dimulai dengan mengidentifikasi sumber stres tersebut. Hal ini tidak semudah kedengarannya. Sumbernya tidak selalu jelas dan terlalu mudah untuk mengabaikan pikiran dan perilaku yang merangsang terjadinya stres. 
Sebuah catatan atas JURNAL STRES dapat membantu Anda mengidentifikasi stres yang biasa ada dalam hidup Anda mengidentifikasi stres yang biasa ada dalam hidup Anda dan cara Anda berhubungan dengannya. Setiap kali Anda merasa stres, catatlah dalam jurnal tersebut. Ketika Anda menyimpan catatan setiap hari, Anda akan mulai melihat pola umumnya. Tuliskan dalam jurnal tersebut, atau Anda bisa mengisinya di sini secara langsung.

Stres dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Dengan beban kerja yang padat, sangat memungkinkan untuk mengalami stres. Anda harus mengetahui apa yang harus dilakukan jika stres menghampiri. Bagaimana Anda dapat mengelola stres? Berikut ini adalh tipsnya:

  1. Hindari situasi stres => Hindari untuk datang ke tempat-tempat yang dapat membuat Anda stres. Jika Anda tidak menyukai keramaan, jangan datang ke tempat seperti itu. Selain itu, Anda pun harus menghindari situasi kerja yang dapat menggiring Anda pada stres.                  
  2. Jangan Membebani diri => Tangani setiap pekerjaan sebagaimana mestinya atau secara selektif dengan memerhatikan prioritas. Jika Anda merasa lelah tetapi pekerjaan belum selesai, Anda harus segera menghentikannya. Karena jika dilanjutkan pun hasilnya tidak akan maksimal. Istirahatlah beberapa saat, kemudian lanjutkan kembali pekerjaan Anda. Atau  jika pekerjaan tersebut memakan waktu berjam-jam sedangkan Anda harus menyisihkan waktu bersama Anak, maka harus Anda atur agar pekerjaan tersebut dikerjakan secara bertahap.                                                           
  3. Jangan memusingkan hal-hal kecil => Cobalah untuk memprioritaskan beberapa hal yang benar-benar penting. Jika terjadi keluhan dari konsumen akan produk Anda. Anda harus dapat menyelesaikannya dengan cepat. Tanyalah apa keluhannya. Jiak memang produknya terdapat cacat, Anda harus menggantinya dengan yang baru. Jangan jadikan keluhan dari konsumen sebagai hambatan, tapi jadikanlah sebagai sarang untuk berkarya lebih baik lagi. Jika keluhan tersebut dapat diselesaikan dengan kepala dingin dan cepat, maka Anda dapat mengerjakan pekerjaan lain yang lebih penting.
  4. Menetapkan tujuan yang realistis => Mengurangi jumlah kegiatan yang dipandang tidak terlalu penting sehingga Anda dapat memfokuskan lebih banyak waktu pada apa yang perlu dilakukan. Tetapkanlah TUJUAN yang masuk akal. Misalnya, dalam satu bulan Anda menetapkan untuk mendapatkan keuntungan 5 juta rupiah. Hal ini masuk akal dibanding jika Anda menetapkan tujuan keuntungan dalam sebulan adalah 50 juta rupiah. Sedangkan, usaha Anda terbilang baru dan belum banyak yang mengetahui keberadaan Anda.
  5. Mengendalikan situasi => Perhatikan sekeliling dan lihat apakah memang ada sesuatu yang dapat Anda ubah atau kontrol dalam situasi tersebut. Anda harus dapat mengendalikan situasi sulit apapun. Dengan demikian, usaha Anda dapat berjalan lancar.
  6. Mengatur bagaimana stres memengaruhi Anda => Ini adalah strategi jangka panjang dalam BERADAPTASI  dengan situasi Ana dan pengaruh stres pada hidup Anda. Cobalah untuk mengisolasi dan bekerja dengan satu pengaruh dalam satu waktu. Jangan bebani sendiri. Misalnya, Anda tidak dapat tidur dengan baik, maka Anda harus mencari bantuan untuk masalah ini.
  7. Pelajari bagaimana cara terbaik Anda rileks => Meditasi dan teknik pernapasan telah terbukti sebagai cara efektif dalam mengendalikan stres. Lakukan secara kontinyu untuk membersihkan pikiran dari hal yang mengganggu.
  8. Mengubah bagaimana cara Anda melihat situasi => Stres adalah reaksi terhadap peristiwa dan masalah, Anda dapat mengunci diri dalam satu cara untuk melihat situasi. Carilah prespektif luar dari sebuah situasi,bandingkan dengan prespektif Anda, mungkin dapat mengurangi reaksi Anda terhadap kondisi ini.
  9. Cukup tidur di malam hari => Kurang istirahat hanya akan memeperburuk stres. Tidur malam yang ukup memungkinkan Anda untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh. Ketika Anda lelah dan letih, Anda mengalami stres lebih dari ketka Anda segar dan penuh energi. Tidur malam tepat pada waktunya dapat membantu Anda untuk terhindar dari stres. bangun pun harus tepat pada waktunya, agar ketika bangun Anda akan merasa segar bugar. Misalnya, tidur pukul 21.00 dan bangun pukul 04.00 pagi. Anda harus patuhi jadwal seperti itu.
  10. Lakukan sesuatu untuk orang lain => Membantu orang lain dapat membuat kita merasa lebih baik dan lebih terhubung dengan orang di sekitar kita. Dengan MENOLONG orang lain, Anda akan merasa puas atas perasaan berguna ( bahwa Anda berguna bagi orang lain). Stres pun akan berkurang karena perasaan Anda bahagia telah menolong orang lain.
  11. Berolahraga => Aktivitas fisik merupakan kunci dalam mengurangi atau mencegah stres. Luangkan waktu setidaknya 30 menit sehari, lakukan tiga kali setiap minggunya. Anda bisa melakukan jogging di pagi atau sore hari, atau Anda bisa melakukan senam aerobik dengan panduan dari program senam di televisi atau dari VCD atau Anda dapat melakukan olahraga apapun yang Anda sukai.
  12. Semoga Bermanfaat :)
 


0 comments:

Post a Comment

 

PEACE BE ON TO YOU :) Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting